Manfaatkan Fitur Unggulan Shopee: Memaksimalkan Penjualan dan Keuntungan | www.androidbekasi.com | www.wansolution.co.id
Manfaatkan Fitur Unggulan Shopee: Memaksimalkan Penjualan dan Keuntungan
Strategi penempatan produk tidak hanya dapat diaplikasikan di toko offline saja, namun juga dapat diaplikasikan di toko Shopee Anda. Menempatkan produk dengan tepat dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan meningkatkan penjualan.
Membuat Kategori yang Sesuai
Permudah Pembeli menemukan produk yang tepat dengan melakukan pembagian dan penempatan produk berdasarkan kategori-kategori yang sesuai.
Penempatan produk yang sesuai juga dapat mendorong minat Pembeli untuk membeli produk lainnya, berikut adalah cara untuk menempatkan produk di tempat strategis dalam toko Anda:
Menggunakan Dekorasi Toko
Produk Musiman dan Hot Items (produk terlaris atau terbaru) biasanya memiliki promosi tertentu yang dapat Anda maksimalkan penjualannya dengan menggunakan Dekorasi Toko. Letakkan produk di halaman toko bagian paling atas untuk menarik perhatian Pembeli saat mereka berkunjung ke toko Anda. Anda juga dapat memberikan promosi seperti diskon dan Flash Sale Toko untuk produk-produk tersebut.
Buat Kategori Toko di toko Anda berdasarkan jenis produk dan program promosi. Buat judul Kategori Toko yang menarik dan jelas agar Pembeli tertarik untuk mengunjungi produk-produk di dalam kategori tersebut.
Strategi Penempatan Produk
Hal lain yang harus Anda perhatikan selain pembagian produk berdasarkan kategori ialah penempatan kategori tersebut di halaman toko Anda. Jangan sampai penempatan kategori salah sehingga menyebabkan Pembeli hanya mengunjungi satu atau dua produk saja.
Anda perlu untuk memperhatikan strategi penempatan produk agar waktu belanja dan pembelian per keranjang meningkat. Strategi penempatan produk ini dapat Anda sesuaikan dengan siklus penjualan, kondisi toko, dan target toko.
Produk yang Meningkatkan Kunjungan
Anda perlu memiliki produk yang dapat memancing Pembeli untuk mengunjungi halaman toko Anda. Hal ini tentu saja ditujukan untuk meningkatkan angka kunjungan ke toko Anda melalui produk terlaris.
Setelah mengetahui produk unggulan Anda, pastikan Anda meningkatkan kualitas halaman produk tersebut untuk memikat minat Pembeli. Anda juga dapat mengoptimalkan foto produk dengan mencantumkan promo-promo yang sedang berlangsung di foto sampul.
Agar produk Anda mendapatkan eksposur yang maksimal, gunakan program Gratis Ongkir XTRA dan/atau Cashback XTRA.
Produk yang Meningkatkan Penjualan Per Pembeli
Untuk meningkatkan penjualan per Pembeli, Anda dapat memanfaatkan fitur promo Kombo Hemat dan Paket Diskon. Pasangkan produk unggulan dengan produk lain atau produk pelengkap agar jumlah pembelian produk meningkat. Anda dapat menawarkan harga pembelian lebih murah atau hadiah gratis pada setiap pembelian tertentu.
Ketahui produk-produk berpotensi lainnya selain produk terlaris di toko Anda. Produk-produk tersebut bisa Anda diskon untuk menarik minat Pembeli. Dengan menawarkan harga yang lebih bersaing, mungkin saja produk-produk tersebut bisa menjadi produk terlaris Anda selanjutnya
Anda juga dapat membuat Voucher Toko Saya untuk ditampilkan di halaman toko Anda. Tentukan Minimum Pembelian sedikit lebih besar dari Penjualan per Pembeli agar Pembeli terpacu untuk menambah produk ke keranjang demi mendapatkan voucher tersebut.
Jika tidak menggunakan promo Kombo Hemat atau Paket Diskon, manfaatkan Voucher Toko Saya yang telah Anda buat untuk menonjolkan produk unggulan agar meningkatkan penjualan produk lain di kategori serupa.
Produk dengan Keuntungan Terbesar
Produk yang cenderung menghasilkan profit terbesar merupakan produk pelengkap atau produk yang pada dasarnya memiliki margin yang besar.
Produk-produk jenis ini dapat Anda pasarkan selama memiliki harga yang bersaing dan tingkat permintaan produk yang tinggi. Ketahui minat Pembeli Anda dengan melihat jumlah favorit pada produk tersebut dan jumlah produk yang dimasukkan ke keranjang di halaman Performa Produk.
Produk yang Sedang Tren
Tingkatkan kunjungan dan minat Pembeli untuk berbelanja di toko Anda dengan produk yang sedang tren. Untuk mengetahui produk apa saja yang sedang tren, Anda dapat analisis melalui berbagai media sosial (Instagram, Facebook, dsb) produk apa yang sedang banyak dicari dan diminati masyarakat.
Tempatkan produk jenis ini di lokasi yang mudah untuk ditemukan oleh Pembeli. Anda dapat menggunakan fitur Produk Pilihan Toko untuk menampilkan produk-produk ini. Pastikan halaman produk menarik dengan nama produk yang baik agar mudah untuk ditemukan di Halaman Hasil Pencarian.
Produk atau Promosi Terbatas
Pada umumnya, Pembeli akan lebih tertarik jika ada produk musiman/produk terbatas (limited edition)/produk dengan promo terbatas karena akan menimbulkan perasaan terdesak (sense of urgency) untuk membeli produk tersebut.
Tampilkan promosi yang sedang berlangsung di bagian atas toko untuk menarik minat Pembeli.
Buat Pembeli untuk segera membeli produk-produk tersebut dengan menekankan durasi promosi atau stok terbatas pada produk tersebut.
Anda dapat meningkatkan rasa penasaran dan semangat Pembeli untuk menjelajahi toko Anda dengan menyediakan promo-promo lainnya di bagian bawah promo utama. Pastikan promo yang paling besar diletakkan di bagian teratas untuk menarik perhatian Pembeli.
Produk atau Dekorasi yang Membangun Citra Toko
Bangun citra toko dan produk Anda dengan menampilkan penawaran produk tertentu atau informasi mengenai toko juga produk Anda yang menonjolkan brand toko. Anda dapat menampilkan produk-produk terbaru di halaman Dekorasi Toko dan memberikan diskon spesial. Tunjukkan kelebihan dan nilai jual dari produk yang Anda jual.
Kondisi Toko
Cek waktu ramai dan sepi toko Anda untuk menyesuaikan strategi serta penempatan produk yang tepat.
Saat kunjungan toko rendah, Anda dapat mengiklankan produk terlaris untuk menambah kunjungan toko atau menempatkan produk yang sedang tren di bagian atas Dekorasi Toko jika tidak ada promo yang sedang berlangsung.
Saat mengikuti kampanye Shopee, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk tertentu dengan memberikan promo spesial.
Saat kunjungan toko tinggi namun tingkat konversi rendah, Anda dapat membuat Voucher Toko dan menempatkan Produk yang Meningkatkan Penjualan per Pembeli atau Promo Toko spesial di bagian atas pada Dekorasi Toko.
Anda dapat menyesuaikan strategi-strategi penempatan produk untuk mencapai tujuan-tujuan Anda sekaligus. Sebagai contoh, jika Anda ingin meningkatkan pengalaman Pembeli saat berbelanja di toko Anda, Anda dapat menempatkan produk-produk promosi dan produk-produk hot items di bagian atas dekorasi toko. Untuk meningkatkan keuntungan yang akan Anda peroleh, Anda dapat mendorong Pembeli untuk membeli produk lainnya.
Letakkan produk-produk lain dalam kategori di bawah bagian produk promosi. Hal ini dapat menarik minat Pembeli untuk memeriksa produk-produk lain yang dapat menguntukan bagi Anda.
Kondisi toko Anda pasti akan mengalami perubahan. Maka dari itu, Anda perlu untuk memperbarui tampilan dan penempatan produk toko Anda.
Update Penempatan Produk secara Berkala
Sesuaikan tampilan Dekorasi Toko sesuai dengan kampanye pada hari besar yang sedang berlangsung. Promosi yang dibuat juga dapat disesuaikan agar Pembeli lebih tertarik untuk melakukan transaksi dan toko Anda tetap relevan.
Jual produk-produk dan berikan promo yang menarik sesuai dengan hari besar yang sedang berlangsung. Hal ini dapat membuat toko Anda bertahan atau bahkan menonjol di saat lomba promo di hari-hari besar oleh toko-toko lain.
Update Otomatis melalui Komponen Disesuaikan
Manfaatkan komponen Dekorasi Toko yang akan di-update secara otomatis oleh Shopee. Beberapa Komponen seperti Produk Terlaris dan Produk Baru akan diperbarui secara otomatis sehingga Anda tidak perlu memperbarui Dekorasi Toko terus menerus.
Aktifkan Komponen Disesuaikan agar konten disesuaikan berdasarkan kebiasaan Pembeli yang masuk ke Halaman Toko. Fitur ini dapat meningkatkan keinginan Pembeli untuk melakukan transaksi sebab konten yang ditampilkan sesuai dengan preferensi mereka.
Anda dapat mengatur Komponen Anda untuk Diaktifkan melalui Seller Centre di bagian Dekorasi Toko.
Giveaway dan Cuci Gudang
Lakukan giveaway atau Cuci Gudang untuk produk yang sudah Anda promosikan namun memiliki tingkat penjualan rendah. Menyimpan produk terlalu lama dapat merugikan bisnis Anda karena merusak arus kas.
Periksa promosi dan produk yang berada di halaman depan toko Anda. Perbarui konten dan produk promosi jika konten sudah terlalu lama atau tidak efektif lagi.
Ketahui produk yang kurang diminati dan memiliki kunjungan yang rendah melalui Performa Produk pada bagian Performa Toko di Seller Centre.
Tambah variasi produk unggulan Anda untuk memperkaya kategori toko, memberi opsi produk lebih banyak, dan menarik minat Pembeli. Penjualan Anda bisa dapat meningkat dengan jenis-jenis produk baru yang selama ini didambakan oleh Pembeli.
Perbarui produk, penempatan produk, hingga promosi setiap bulan atau bahkan setiap dua minggu sekali agar Pembeli yang datang tidak bosan. Memperbarui toko secara berkala dapat menjaga toko Anda selalu relevan dan dan tetap menarik.
Kesimpulan
Manfaatkan fitur unggulan Shopee untuk maksimalkan penjualan dan keuntungan toko Anda. Strategi penempatan produk yang tepat, termasuk kategori yang sesuai, dekorasi toko, dan penempatan produk strategis, dapat meningkatkan minat pembeli. Perhatikan produk unggulan yang meningkatkan kunjungan dan penjualan per pembeli, serta manfaatkan produk dengan keuntungan terbesar dan yang sedang tren. Selalu perbarui strategi Anda secara berkala sesuai kondisi toko dan tren pasar untuk membangun citra toko yang kuat dan meningkatkan hasil bisnis di Shopee
Keyword
Shopee Indonesia, Platform e-commerce Shopee, Belanja online di Shopee, Penjualan produk di Shopee, Promosi Shopee, Fitur-fitur Shopee, Strategi penjualan di Shopee, Toko online di Shopee, Diskon dan promo Shopee, Pengalaman belanja Shopee
Untuk
informasi selanjutnya, silahkan hubungi kami melalui nomor/email yang tertera
pada website www.wansolution.co.id dan www.wanteknologi.com .
Gratis
Konsultasi di Whatsapp 6285776125559
atau berkunjung ke Kantor
Resmi kami
Alamat
Graha Nurul Menteng
Jl. Terapi Raya Blok AE No.1 Bumi Menteng Asri Kel Menteng, Bogor Kode pos
16111
Ikuti Maps kami https://goo.gl/maps/HGpyzuA3uS88t2Di8


Komentar
Posting Komentar